Cara Menggunakan TikTok untuk Bisnis


Kecuali Anda telah hidup di bawah batu selama beberapa bulan terakhir, Anda mungkin pernah mendengar tentang TikTok. 
Ini juga bukan hanya dengungan kosong. Dilangsir 
DariBeritaAplikasi jejaring sosial media sosial atau berbagi video ini saat ini memiliki lebih dari 800 juta pengguna aktif bulanan. Dan telah diunduh lebih dari 1,5 miliar kali.

Ini sangat populer di kalangan anak muda. Tapi itu dengan cepat menumbuhkan basis pengguna yang luas. Jadi bisnis yang ingin membuat konten video viral dan terhubung dengan konsumen online mungkin ingin mempertimbangkannya sebagai platform pemasaran. Inilah yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan TikTok untuk pemasaran.

Apa itu Video TikTok?

Video TikTok adalah video berdurasi 15 detik yang dapat mengikuti hampir semua format. Namun, banyak yang menyertakan sinkronisasi bibir dan/atau menari mengikuti lagu populer, atau mengikuti format meme yang dapat dikenali.

Apa itu TikTok untuk Bisnis?

TikTok for Business adalah divisi dari platform yang memungkinkan bisnis untuk mempromosikan diri mereka sendiri. Platform media sosial menawarkan berbagai solusi bagi perusahaan untuk meningkatkan keterlibatan, seperti polling interaktif dan tantangan hashtag. Bisnis juga dapat memanfaatkan opsi iklan untuk meningkatkan jangkauan.

Bagaimana Bisnis menggunakan TikTok?

Bisnis dapat menggunakan platform iklan TikTok atau mereka dapat membuat konten video yang menarik perhatian secara organik. Iklan TikTok muncul di antara video di aplikasi dan sering kali kreatif dan terlihat mirip dalam format video TikTok biasa. Namun, ada juga format lain. Terlepas dari opsi apa yang Anda pilih, Anda mungkin perlu membuat konten yang unik dan pendek untuk diperhatikan di platform. Banyak perusahaan bahkan dapat menggunakan kombinasi posting video organik dan iklan.

Ide Konten TikTok

TikTok adalah platform media sosial video yang menarik secara alami yang dapat digunakan untuk menarik audiens yang ingin Anda ubah menjadi pelanggan. Berikut adalah beberapa ide:

1. Tantangan Tagar

Ada banyak tantangan hashtag yang sudah beredar di TikTok. Ini terjadi ketika pengguna menantang orang lain untuk membuat dan memposting jenis konten tertentu dan kemudian menandai mereka menggunakan tagar khusus. Banyak tantangan saat ini berkaitan dengan rutinitas menari atau sinkronisasi bibir. Merek dapat berpartisipasi dalam tantangan yang ada atau menciptakan tantangan mereka sendiri.

2. Video Cara

Saru Saadeh, Pendiri & CEO perusahaan teknologi pemasaran Iron Roots mengatakan dalam sebuah wawancara telepon dengan Tren Bisnis Kecil, “Banyak merek menawarkan tutorial atau cara yang terkait dengan apa yang mereka tawarkan dalam beberapa cara. Ini memberikan nilai di muka dan membuat pengguna tetap terlibat.”

Misalnya, perusahaan yang menjual perlengkapan kain atau kerajinan dapat membuat DIY visual menggunakan produk mereka. Atau perusahaan makanan dapat memamerkan resep.

3. Parodi Lagu

Video musik sentris sangat populer di TikTok. Anda dapat membuat video yang murni untuk hiburan. Atau Anda dapat mengubah kata-katanya agar relevan dengan merek Anda.

4. Perkenalan Tim

Saadeh mengatakan, “Kami telah bekerja dengan klien pada serangkaian konten 'hari dalam kehidupan'. Mereka hanya berkeliling ke orang-orang yang berbeda dari tim dan menunjukkan apa yang mereka lakukan selama operasi bisnis kecil sehari-hari. Ini benar-benar membawa perusahaan ke level manusia.”

5. Demonstrasi Produk

Tunjukkan kepada pelanggan bagaimana produk Anda bekerja. Misalnya, perusahaan yang menjual furnitur dapat menunjukkan betapa mudahnya merakitnya. Atau perusahaan game dapat menunjukkan produk mereka dalam tindakan.

6. Studi Kasus

Saadeh menjelaskan, “Katakanlah Anda adalah bisnis berbasis layanan seperti perusahaan pemasaran. Anda dapat mengatakan 'inilah yang telah kami lakukan untuk perusahaan' dan menawarkan kisah sukses gaya studi kasus.”

7. Video Sebelum dan Sesudah

Jenis video ini akan menampilkan transformasi berdasarkan produk atau layanan Anda. Misalnya, perusahaan rias dapat menampilkan perubahan cepat menggunakan produk mereka.

8. Proses Video

Saadeh menyarankan, “Tunjukkan proses apa yang terjadi di balik layar. Apa yang dilakukan perusahaan Anda untuk menghasilkan produk atau layanan hebat yang Anda tawarkan?”

9. Video Menenangkan

Video TikTok tidak semuanya harus lucu atau ironis. Beberapa orang suka menonton adegan santai untuk sedikit memperlambat. Misalnya, seorang seniman dapat menunjukkan close-up dari mereka yang mencampur warna atau gambar close-up dari kuas mereka di atas kanvas.

10. Cerita Unik

TikTok adalah tempat yang tepat bagi Anda untuk berbagi fakta atau cerita singkat yang membedakan merek Anda.

Saadeh menambahkan, “Bahkan bisa sesederhana mengatakan 'ini anjing kantor' atau 'ini tim yang melakukan pembersihan jalan raya' untuk menunjukkan komitmen Anda kepada komunitas Anda. Apa yang terjadi hanyalah menceritakan kisah-kisah mikro. ”

Opsi Iklan TikTok

Membuat konten baru tidak berhasil atau bukan sesuatu yang ingin Anda lakukan, maka Anda juga dapat beriklan. Berikut adalah pilihan Anda:

1. Iklan Tantangan Hashtag

Untuk jenis iklan ini, Anda dapat membuat tantangan hashtag seperti yang disebutkan di atas. Kemudian Anda dapat membayar untuk menampilkannya di halaman penemuan TikTok sehingga pengguna lebih mungkin menemukannya dan kemudian berpartisipasi.

2. Iklan Native In-Feed

Iklan asli terlihat seperti video TikTok biasa dan muncul di umpan pengguna. Ini mirip dengan iklan di platform lain dan memberikan pengalaman yang kohesif.

3. Iklan Pengambilalihan Merek

Bagi mereka yang benar-benar ingin menarik perhatian pada kampanye, iklan pengambilalihan merek mungkin menarik. Ini adalah grafik yang muncul tepat ketika pengguna membuka aplikasi TikTok mereka. Mereka muncul untuk individu yang ditargetkan selama beberapa detik dan kemudian dapat mengarahkan pengguna ke halaman arahan khusus.

4. Iklan TopView

Iklan TopView mirip dengan iklan Pengambilalihan Merek karena menampilkan grafik layar penuh dan dapat mengarahkan ke halaman arahan. Namun, mereka muncul di bagian atas halaman Untuk Anda, bukan di kanan saat aplikasi dibuka.

5. Iklan Efek Bermerek

TikTok menyertakan efek yang dapat dimasukkan pengguna pada postingan mereka, seperti stiker, lensa, dan filter AR. Sebuah merek dapat mengubahnya menjadi iklan dengan menambahkan gambar merek mereka sendiri ke paket ini. Misalnya, pengguna lain dapat memiliki opsi untuk menggunakan stiker dengan logo merek Anda atau baris baru.

Influencer TikTok

Bekerja dengan influencer TikTok memberi Anda pendekatan gabungan untuk strategi pemasaran Anda untuk merek Anda. Anda membayar untuk influencer. Namun konten iklan TikTok bersifat organik.

Brian Freeman, CEO platform pemasaran influencer Heartbeat mengatakan dalam email ke Small Business Trends, “Hal pertama yang perlu diketahui tentang pembuat konten di TikTok adalah mereka tidak sama dengan pembuat Instagram. Pembuat TikTok memiliki serangkaian alat berbeda yang tidak dimiliki pembuat Instagram karena TikTok adalah salah satu perangkat lunak pengeditan seluler paling inovatif di planet ini. Misalnya, influencer Instagram sehari-hari Anda membuat gambar beresolusi tinggi dan indah yang sesuai dengan estetika merek. Di sisi lain, pembuat TikTok akan menceritakan kisah tentang suatu produk dan menerjemahkan pengalaman itu ke komunitas mereka melalui video. Pembuat TikTok akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengedit video dengan transisi, musik, efek latar belakang, dll. untuk menjadikannya konten yang hebat.”

Pada dasarnya, Anda mendekati influencer yang relevan dengan audiens target Anda. Anda mendiskusikan ide. Tetapi kemudian Anda meninggalkan produksi aktual untuk dibuat oleh pengguna tersebut. Anda bisa menjangkau audiens orang itu dan mendapatkan akses ke ide-ide unik mereka, yang tentu saja Anda kompensasikan untuk mereka.

Apa yang harus diketahui bisnis tentang pengguna TikTok?

Basis pengguna TikTok sebagian besar adalah anak muda. Jadi sebagai bisnis, Anda tidak boleh melewatkan referensi dan penghormatan budaya dan generasi. Jika Anda tidak tulus atau menggunakan bahasa dan meme mereka, Anda tidak akan berhasil dalam upaya pemasaran Anda.

Saadeh berkata, “Penting untuk tidak hanya membuat iklan. Ingatlah bahwa ini adalah media sosial. Jadi konten yang Anda buat harus relevan dan mempertahankan budaya yang membawa begitu banyak pengguna ke sana.”

Bagaimana cara menggunakan TikTok?

Anda dapat menggunakan TikTok untuk menjangkau audiens menggunakan konten video berdurasi pendek, iklan, dan pemasaran influencer. Bisnis menemukan cara baru untuk menggunakan platform setiap saat. Dan mereka yang terjun lebih awal memiliki peluang bagus untuk sukses karena belum sepenuhnya jenuh dengan banyak pemasaran merek.

Namun, penting untuk berinteraksi secara otentik di platform. Ingatlah bahwa ini adalah media sosial. Jadi yang terpenting adalah menjalin hubungan dan membuat konten baru yang bermanfaat, menghibur, atau menginspirasi.

Pada akhirnya, tujuannya adalah untuk mendapatkan konten yang menjadi viral. Anda tidak selalu bisa mengontrol ini. Tetapi ada kemungkinan besar bahwa bahkan akun dengan sedikit pengikut dapat menarik perhatian jika mereka membuat video yang benar-benar menarik.

Hope Horner, CEO layanan produksi video Lemonlight mengatakan dalam email ke Small Business Trends, “Algoritme pengiriman konten TikTok unik karena akun baru (atau akun dengan sangat sedikit pengikut) dapat menjadi viral. Siapa pun dapat melakukannya dengan konten yang tepat, yang mendorong merek untuk mencobanya guna mendapatkan peluang untuk menghasilkan keterlibatan dengan audiens yang besar.”

Siapa yang menciptakan TikTok?

TikTok dimiliki oleh perusahaan Cina ByteDance. Pendiri perusahaan adalah pengembang perangkat lunak Zhang Yiming. Dia mendirikan ByteDance pada tahun 2012. Dan perusahaan tersebut akhirnya meluncurkan TikTok di China pada tahun 2016. Aplikasi TikTok AS untuk perangkat Apple dan Android diluncurkan pada tahun 2017. ByteDance saat ini sedang dalam pembicaraan untuk menjual lengan bisnis TikTok.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Internet Marketing atau IM, Online Marketing, Web Marketing dan Kekuatan Internet Marketing, SEM a

Layanan Pajak Gratis untuk Personel Militer dan Keluarganya

Keuntungan Menyewa Mobil di Lombok untuk Petualangan Anda